Menurut data hasil survey di Indonesia, tujuh dari sepuluh kasus keadaan darurat yang terjadi di ICU berakhir pada tidak tertolongnya nyawa pasien karena keterbatasan alat dan fasilitas penunjang. Keterbatasan alat dan fasilitas penunjang ini merupakan suatu masalah yang harus segera dicarikan solusi terbaik demi keselamatan nyawa seseorang.

Proses Evakuasi Pasien sebagai bentuk layanan Unggulan RSHK

Segera melakukan medical evacuation ke rumah sakit yang menyediakan kebutuhan pasien adalah solusi yang tepat. Evakuasi medis adalah pemindahan pasien dari suatu tempat atau rumah sakit asal ke suatu tempat atau rumah sakit tujuan di luar daerah atau bahkan di luar negeri secara aman, cepat, dan terpercaya. Medical Evacuation diperlukan jika pasien memerlukan tindakan medis tertentu dengan segera atau memerlukan alat pendukung medis untuk menopang hidupnya. Evakuasi Medis sendiri dapat melalui Ambulance Darat atau Ambulance Udara ( pesawat komersial atau charter).

Saat ini di Rumah Sakit Harapan Keluarga terdapat 2 (dua) pelayanan Ambulance Darat yang memiliki peralatan medis yang memadai yang dibutuhkan pasien serta tenaga medis yang trampil dalam medical evacuation. Pelayanan medical evacuation yang baik harus dilengkapi dengan peralatan medis yang baik dan benar, obat-obatan emergency dan layanan yang berstandar evakuasi serta paramedic danĀ  dokter yang berkompeten dalam bidang evakuasi.

Begitu pula Ambulance Darat Rumah Sakit Harapan Keluarga yang memiliki peralatan medis (Patient Monitor, Syring pump, obat-obat emergency, Portable defibrilator, bag emergency, oksigen, dll) yang memadai serta petugas medis dan dokter yang berkompeten dalam hal Medical Evacuation.


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *